Jumat, 06 November 2015

Tips sehat cara menurunkan tekanan darah tinggi

Assalamualaikum. Wr.Wb. Di blog ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menurunan darah tinggi.

Pengertian darah tinggi (hipertensi) secara umum adalah meningkatnya tekanan darah  pada tubuh manusia dan dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Jumlah volume darah pada manusia tinggi akan menekan dinding arteri dan memaksakan jantung untuk memompa darah sehingga akan menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi pada manusia.

Volume darah pada manusia melebihi 140/90 mm HG itu menandakan bahwa tubuh mengalami tekanan darah tinggi. Volume darah pada tubuh manusia yang normal harus mencapai 130/95 mm HG. Tekanan darah tinggi pada manusia dapat mempengaruhi penurunan aktivitas sehari-hari karena efeknya yang dapat menyebabkan sakit kepala dan cepat lelah.

Meningkatnya tekanan darah pada seseorang dapat disebabkan dari aktivitasnya sehari-hari. Seseorang yang beraktivitas terlalu tinggi/bekerja sangat keras akan meningkatkan terjadinya tekanan darah tinggi selain itu juga emosi seseorang juga mempengaruhi tekanan darah tinggi. Sedangkan seseorang yang rilex takanan darahnya cendrung normal.

Untuk mengetahui tekanan darah pada tubuh kita yang lebih akurat yaitu kita harus pergi ke klinik terdekat yang ada disekitar tempat tinggal anda untuk mengontrol tekanan darah pada tubuh kita agar terhindar dari tekanan darah tinggi karena manusia tidak sadar akan meningkatnya volume darah pada tubuhnya. Efek dari tekanan darah tinggi pada tubuh manusia sangat beresiko tinggi jika tekanan darah tingginya parah maka akan menyebabkan kematian mendadak pada manusia.

Jika seseorang telah mengalami darah tinggi maka orang tersebut harus sering mengontrol volume darahnya ke klinik, mengurangi konsumsi kopi dan teh, hindari buah durian dan nangka, hindari sayur gori, dan jangan terlalu bekerja keras. Bekerja yang terlalu keras bagi penderita darah tinggi akan menyebabkan rasa lelah yang berlebihan dan bisa jadi akan menyebabkan kematian mendadak.

Gejala darah tinggi pada manusia adalah sebagai berikut:

-          Kepala pusing
-          Pandangan menjadi kabur
-          Rasa lelah yang berlebihan

Gejala-gejala diatas belum tentu akan dialami oleh penderita darah tinggi. Gejala darah tinggi pada manusia tentunya akan berbeda-beda. Jadi anda harus mengontrolnya ke klinik.

Faktor-faktor penyebab darah tinggi:

-          Kurang berolah raga
-          Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi
-          Kurang mengkonsumsi air putih
-          Adanya riwayat tekanan darah tinggi dikeluarga kandung
-          Kurangnya asupan buah dan sayuran segar

Berikut tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami:

-          Konsumsilah timun segar sehari 2 buah timun
-          Banyak konsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan
-          Minum ekstrak buah mengkudu sehari 2- 3 kali
-          Konsumsilah 2 buah belimbing matang segar sehari 2 kali
-          Konsultasikan dengan dokter.

Demikianlah artikel ini saya buat.

Terima kasih bagi para pengunjung blog ini. Semoga bermanfaat bagi anda


Ayo Indonesia Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar