Sabtu, 31 Oktober 2015

Tips cara menghindari kolesteror jahat

Assalamualaikum Wr.Wb. Diblog ini saya akan memberikan tips agar terhindar dari kolesterol.

Kolesterol dengan nama lain Lipid merupakan lemak tak jenuh yang sudah ada di dalam tubuh kita. Lemak di dalam tubuh kita diproduksi oleh hati. Selain diproduksi didalam tubuh kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan seperti ikan, daging, kacang-kacangan, dan produk susu lainnya. Kadar lipid yang terlalu tinggi disebut juga hyperlipidemia dapat mempengaruhi kesehatan dalam tubuh.

Kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk memproduksi hormon dan vitamin D untuk membentuk untuk membentuk dinding sel , serta asam empedu untuk mencerna lemak. Tetapi kolesterol yang dibutuhkan dalam tubuh manusia hanya berjumlah terbatas. Jika kandungan kolestrol dalam tubuh tinggi maka segala penyakit akan bersarang ditubuh kita seperti jantung coroner.

Kandungan kolesterol dalam tubuh kita jika terlalu tinggi akan menyebabkan terbentuknya plak di dalam pembuluh darah arteri sehingga mempersempit ruang bagi darah untuk mengalir menuju kejantung. Lama kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan aterosklerosis (pemadatan pembuluh darah) yang natinya akan menyebabkan kinerja jantung untuk memompa darah melemah.

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kolesterol jahat (Low density lipoprotein)
Kolesterol jahat adalah kandungan lemak dalam tubuh manusia yang menyebabkan penimbunan pada dinding dalam pembuluh darah, terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan kejantung dan otak. Penimbunan lemak dalam pembuluh darah makin lama makin mengeras yang akan mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Kolesterol jahat yang optimal yang bisa diterima oleh tubuh manusia adalah takaran lemak dalam darah dibawah 100 mg/dl. Kandungan kolesterol jahat 100-120 mg/dl dimasukan kedalam kategori perbatasan (borderline). Jika diatas 130-160 mg/dl maka segera perlu diobati.

  1. Kolesterol baik (high density lipoprotein (HDL))
Kolesterol baik adalah lemak yang dapat membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dipembuluh darah dari dinding pembuluh darah ke hati. Kolesterol baik yang idealnya lebih dari 40 mg/dl untuk laki-laki, 50 mg/dl untuk wanita.

Makin tinggi kandungan HDL dalam tubuh semakin baik bagi tubuh kita, sedangkan semakin rendah kadar HDL dalam tubuh semakin buruk bagi tubuh kita. Rendahnya kandungan kolesterol baik dalam tubuh diakibatkan dari kegemukan, sering makan makanan yang mengandung banyak kolesterol seperti ikan, daging, kacang, dan produk susu.

Berikut tips agar terhindar dari kolesterol jahat:

  1. Pemeriksaan rutin kadar kolesterol anda ke klinik
  2. Menjaga keseimbangan berat badan
  3. Olahraga rutin dan teratur
  4. Hindari makanan yang mengandung lemak jahat
  5. Perbaiki pola makan anda
Demikian artikel tentang tips menghindari kolesterol jahat. saya ucapkan terima kasih kepada para pengunjung yang sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar