Rabu, 28 Oktober 2015

Tips cara mengobati dan mencegah kutil

Assalamualaikum wr.wb. Selamat datang salam sejahtera bagi kita semua, di blog ini saya akan membagikan tips tentang bagaimana cara mengobati penyakit kutil pada manusia.

Kutil merupakan penyakit kulit sejenis tumor jinak pada tubuh manusia yang disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV) . Virus ini menyerang kulit yang mengakibatkan penebalan pada lapisan kulit paling luar. Dilihat dari kasat mata bentuk kutil seperti benjolan bertekstur agak keras, dibagian permukaannya terlihat kasar dengan ukuran besar dan ukuran kecil. Penderita kutil biasanya tidak merasakan sakit, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga merasakan kesakitan.

Kutil bisa menyebar yang awalnya 1 bisa menjadi 2-4 kutil kedaerah lainnya karena virus HPV yang menyebar . Kutil dapat menular keorang lain melalui kontak langsung bisa juga menular lewat pakaian yang terkontaminasi virus HPV. Penyakit kutil ini tidak berbahaya hanya saja, kurang nyaman melihat bentuknya dan sipenderita merasa malu jika kutil ini berada di wajah dan didaerah dari bagian tubuh kita yang mudah terlihat oleh orang lain.

Seseorang yang memiliki kekebalan tubuhnya yang rendah maka akan mudah terkena kutil. Penyakit kutil akan diderita oleh siapapun tidak pandang usia, gender, dan status social dimasyarakat. Penyakit kuti akan tumbuh dibagian tubuh seperti diwajah, dada, punggung, tangan, kaki, dll tergantung dimana virus HPV menyerang .

Berikut tips cara menyembuhkan penyakit kutil:

  1. Biasanya penyakit kutil ini pada sebagian orang yang menderita hanya dibiarkan begitu saja dan akan sembuh sendiri .
  2. Oleska dengan cairan asam salisilat pada bagian yang terdapat tumbuh kutil. Dilakukan sehari 3 kali sampai kutil tersebut hilang. Hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses penyembuhan.
  3. Pengobatan secara alami yaitu dengan menggunakan bawang putih.
Caranya bawang putih harus ditumbuk, kemudian tumbukan bawang putih ditempelkan pada kutil dengan diperban. Lakukanlah saat anda tidur dan bukalah pada pagi harinya. Setelah dibuka nanti kulit anda akan melepuh seperti luka bakar. Pringatan: cara ini sedikit meninggalkan rasa peris seperti luka bakar.
  1. Cabut kutil dengan pinset. Hal ini harus ditangani oleh dokter ahli penyakit kulit. Jika tindakan ini dilakukan sendiri maka resikonya anda akan terinfeksi  penyakit lain dan kutil tersebut akan menyebar keanggota tubuh yang lain.
  2. Silahkan anda berkonsultasi dengan dokter ahli dibidangnya.
Berikut tips untuk pencegahan agar tidak terkena kutil:

  1. Hindari bersentuhan secara langsung dengan penderita kutil
  2. Jangan menyentuh kutil baik milik sendiri maupun orang lain
  3. Jika sudah menyentuh kutil segera cuci tangan dengan menggunakan sabun anti bakteri diair mengalir hingga bersih
  4. Jangan memakai pakaian orang lain yang menderita kutil
  5. Jagalah kebersihan pakaian dan tubuh anda
Demikian penjelasan dari artikel tentang cara mengobati penyakit kutil dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak terkena kutil.

Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pengunjung yang telah membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Ayo Indonesia Sehat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar