Minggu, 25 Oktober 2015

mengobati dan mencegah penyakit sengkadi

Assalamualaikum wr,wb di sini saya akan membagi tips bagaimana caranya mencegah penyakit sengkadi agar tidak kumat lagi.

Sebelum saya membagi tipsnya, kalian harus mengetahui apa sih penyakit sengkadi itu, dan apa penyebabnya?. Sengkadi merupakan penyakit dengan efek rasa gatal pada permukaan kulit manusia dan akan meninggalkan bekas bewarna kehitaman pada kulit yang terserang dengan penyakit tersebut. Gejala sengkadi disebabkan oleh jamur dermatofita di daerah perut bagian bawah, selangkangan, dan pada lipatan-lipatan kulit lainnya.

Jika anda terkena penyakit sengkadi! Rasanya itu sangat luar biasa gatal dan tanganpun tidak terkontrol untuk menggaruk-garuknya. Timbulnya penyakit sengkadi ini disebabkan oleh berbagai macam faktor dan factor utama yang sangat berpengaruh adalah pola gaya hidup kita sehari-hari. Mengapa pola gaya hidup kita sebagai factor utama yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit sengkadi? Jawabannya  adalah bahwa penyakit sengkadi  disebabkan oleh infeksi jamur dan jamur ini pastinya dapat bertahan hidup ditempat yang kotor dan lembab, untuk bisa bertahan hidup jamur ini membutuhkan makanan yang ada disekitar dimana jamur tersebut berada. Hal ini sangat berhubungan dengan gaya hidup kita sehari-hari, gaya hidup kita yang kurang memperhatikan kebersihan pakaian, dan kebersihan tubuh kita akan mudah terkena panyakit sengkadi.

Kebersihan pakaian ini sangat berpengaruh sekali karena pakaian adalah suatu bahan untuk menutup bagian dari anggota tubuh kita yang sangat vital yang digunakan setiap harinya baik sedang beraktivitas maupun tidak. Pakaian yang sudah digunakan sehari hingga dua hari sudah dipastikan kotor dan anda wajib untuk mengganti pakaian bersih yang akan digunakan, karena pada saat kita sedang beraktivitas diluar ruangan sudah pasti debu, kotoran, dan berbagai macam jenis spora jamur akan berterbangan terbawa angin diudara dan akan menempel di pakaian kita. Jika spora jamur yang sudah terlanjur menempel dipakaian kita, sedangkan kita tidak segera menggantinya maka, sepora jamur penyebab timbulnya penyakit sengkadi tersebut akan menempel di tubuh kita dan sudah dipastikan akan terserang penyakit tersebut. Selain itu tempat penyimpanan pakaian juga harus diperhatikan, bagaimana caranya simpanlah pakaian anda di tempat yang terhindar dari debu berterbangan di udara.

Kebersihan tubuh kita juga harus diperhatikan. Bagaimana agar tubuh kita tetab bersih agar terhindar dari penyakit sengkadi? Jawabannya adalah kita harus mandi sehari dua sampai tiga kali tergantung tempat dimana kita beraktivitas, mandilah dengan menggunakan jenis sabun apapun sesuai dengan keadaan kulit kita terkecuali sabun mayat “heheheh”. Yang dimaksud dengan tempat dimana kita beraktivitas adalah suatu tempat dimana kita sedang beraktivitas seperti di dalam ruangan, di luar ruangan, serta di tempat yang basah dan kotor (sawah).

Penyakit sengkadi sering kali diderita oleh para kaum adam dikalangan mahasiswa tidak jarang juga penyakit ini bisa diderita oleh kaum hawa. Tapi yang paling sering diderita adalah kaum adam dikalangan mahasiswa yang tinggal di kos-kosan, karena apa? Biasanya mahasiswa kalo mandi sehari cuma sekali dan pakaianpun dicuci cuma dua minggu sekali, hal itu disebabkan karena persediaan air untuk mandi dan cuci pakaian sangat minim dan dijatah oleh pemilik kos  “belum lagi air PDAMnya mati bisa dua hari gak mandi tu hehehe”.

Demikian penjelasan tentang apa itu penyakit sengkadi, apa penyebanya, bagaimana penyakit tersebut bisa menyerang manusia, dan bagaimana cara agar kita tidak terserang penyaki tersebut.
Sekarang saya akan membagi tips bagaimana cara mengobati penyakit sengkadi dan bagaimana cara agar penyakit tersebut tidak kumat lagi. Bagi anda yang sudah terlanjur diserang oleh penyakit sengkadi dan ingin mengobatinya. Berikut tipsnya:

Tips mengobati penyakit sengkadi:

  1. Belilah obat saleb khusus mengatasi penyakit gatal-gatal seperti panu, kurap, dan kudis di toko-toko sekitar anda. Lebih baik lagi anda mengkonsultasikannya  dengan dokter ahli penyakit kulit.
  2. Oleskan obat saleb tersebut pada daerah yang sakit, sehari 2-3 kali.
  3. Dilakukan secara teratur setiap hari sampai penyakit tersebut sembuh.
Tips untuk mencegah akar tidak kambuh lagi:

  1. Masih menggunakan obat saleb yang sama, namun cara pemakaiannya yang berbeda.
  2. Oleskan obat saleb tersebut pada daerah bekas serangan penyakit tersebut, oleskan 1 kali 2-3 hari. Hal tersebut merupakan proses terapi agar penyakitnya bener-bener hilang
  3. Kurangi atau hindari makanan yang mengandung protein hewani tinggi terutama telur dan udang
  4. Perhatikanlah gaya hidup anda
  5. Sering-seringlah periksa dan konsultasikan  kedokter khusus penyakit kulit 2 bulan sekali atau sesuaikan keperluan anda.
Catatan:

Penyakit ini mudah menyebar kebagian lainnya, jangan terlalu sering menggaruknya sebab akan sangat cepat menyebar “karena sengkadi digaruk makin jadi” dan akan meninggalkan bekas warna hitam pada bagian yang pernah diserang. Bagi anda para lelaki berhati-hatilah dengan bekas tersebut, karena pada umumnya kaum hawa tidak tertarik dengan lelaki yang ada bekas sengkadinya  begitu juga sebaliknya. Ingat penyakit ini akan sering kambuh, jadi perhatikanlah pola gaya hidup kita baik dari segi makanan  maupun pakaian dan budayakanlah hidup bersih, indah, dan nyaman.

Terimakasih karena anda sudah membaca. Dimohun untuk saran dan kritikkannya, kerana karya tulis ini masih banyak kekurangan. Semoga karya tulis ini sangat bermanfaat bagi para pembaca.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar