Selasa, 27 Oktober 2015

Tips cara mengobati dan mencegah timbulnya jerawat

Assalamualaikum wr.wb. Selamat datang bagi para pengunjung, di blog ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengobati dan mencegah jerawat pada kulit yang baik dan benar.

A.   Jerawat
Pengertian jerawat adalah suatu keadaan pori-pori kulit pada manusia yang tersumbat karena benda asing misalnya seperti debu,kotoran, dan bakteri sehingga menyebabkan penggumpalan nanah yang akan membuat permukaan kulit menjadi bentol-bentol bernanah dan merasakan nyeri pada bagian tersebut.

Setiap manusia diseluruh dunia akan menderita dan pernah mengalami jerawatan baik parah maupun tidak parah. Penderita jerawat yang parah pada manusia ditandai denagn hampir 70-80% permukaan kulit pada wajah dipenuhi dengan bentolan-bentolan kecil berwarna merah dan bernanah, sedangkan penderita jerawat yang tidak parah ditandai dengan bentolan-bentolan pada wajah berjumlah 10-30% pada wajah.

Jerawat yang paling sering timbul adalah dibagian wajah dan tidak kemungkinan dapat muncul didaerah lain seperti punggung. Ada berbagai jenis penyakit jerawat salah satu diantaranya adalah:

a.       Jerawat komedo

Jerawat komedo merupakan jerawat dengan ukuran bentolnya kecil-kecil dengan nama lain adalah komedo. Jerawat komedo sering muncul pada daerah lekukan pinggiran hidung, pipi, dan dahi karena daerah tersebut sebagian besar merupakan daerah mengandung  minyak paling banyak pada wajah. Penderita jerawat komedo biasanya paling banyak diderita oleh para remaja yang baru saja melewati masa pubertas. Apa lagi para remaja yang malas merawat kulitnya pasti akan mudah berjerawat komedo.

Penderita jerawat akan mengalami penurunan kepercayaan diri karena wajahnya yang kasar, terlihat rusak dan tidak mulus lagi karena bentol-bentol, bekas lubang, dan bernoda hitam pada permukaan kulit khususnya  di wajah akibat jerawat. Jerawat akan diderita oleh manusia dengan tidak mengenal usia, gender, dan status sosialnya.

Penderita jerawat akan merasa dirinya tidak cantik, ganteng, serta kurang menarik untuk dipandang oleh orang lain yang membuat penderita merasa malu yang berlebihan. Karena merasa dirinya kurang menarik maka penderita jerawat akan melakukan berbagai cara untuk mengobati dan menghilangkan bekas lubang dan noda hitam pada wajah yang ditimbulkan akibat jerawat.

Terdapat berbagai macam timbulnya jerawat pada kulit manusia.

1.      Penumpukan minyak berlebih
Penumpukan minyak berlebih ini sering terjadi dipermukaan kulit didaerah tertentu pada tubuh manusia. Daerah yang paling sering terjadi penumpukan minyak berlebih yaitu pada daerah wajah dibagian pipi, lekukan pinggir hidung, dan dahi. Pada wajah dibagian tertentu yang sering terjadi penumpukan minyak berlebih jika terkena dan bercampur dengan debu, kotoran, dan bakteri akan mudah ditumbuhi jerawat. Minyak, debu, kotoran, dan bakteri jika tercampur akan menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat pada umumnya  oleh hormon dengan tumpukan minyak di kulit dan berkolaborasi (sebaceous gland) dengan bakteri (p. acne).

2.       Kosmetik
Alat kecantikan atau biasa disebut kosmetik produksi pabrik dengan berbagai macam merek dagang yang menginformasikan dapat menyembuhkan jerawat dalam waktu singkat. Efek samping dari kosmetik buatan pabrik ini jika tidak cocok dengan kulit maka akan mengakibatkan iritasi pada kulit khususnya di wajah. Terjadinya iritasi pada kulit kemungkinan besar fomulasi dari bahan kosmetik buatan paabrik mengandung zat/bahan kimia berbahaya. Gejala iritasi kulit wajah yang disebabkan oleh bahan kimia berbahaya adalah kulit yang memerah dan makin lama akan membentuk bentol-bentol merah dan bernanah serta terasa perih/nyeri dibagian wajah setelah menggunakan bahan kosmetik tersebut. Jadi berhati-hatilah anda dalam memilih dan menggunakan bahan kosmetik yang dijual bebas dipasaran baik itu harganya mahal maupun murah.

3.      Bahan Makanan
Bahan makanan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat diantaranya adalah udang, kacang tanah, gorengan, dll yang mengandung protein dan lemak tinggi. Darai ketiga bahan makanan tersebut dapat menimbulkan jerawat karena kandungan protein dan lemak tinggi yang dapat meningkatkan hormon dan meningkatkan penumpukan minyak pada wajah dibagian tertentu.

Berikut tips cara mengobati jerawat dan mencegah jerawat tersebut timbul kembali secara alami:

1.         Tips mengobati jerawat secara alami:

  1. Setiap pagi sebelum mandi oleskan wajah dengan tomat segar, jeruk nipis, air garam, timun, bawang putih, dan belimbing (pilih salah satu dari bahan-bahan tersebut) diamkan selama 10 sampe 15 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Untuk malam hari sebelum tidur lakukanlah dengan perlakuan yang sama. Dilakukan setiap 3-5 kali dalam seminggu.
  2. Banyak-banyaklah minum air putih sesuai kebutuhan tubuh kita.
  3. Untuk usaha terakhir karena depresi akibat jerawat tak kunjung sembuh bagi anda orang kaya yaitu operasi plastic (dilarang oleh hokum islam). Hal ini, bagi anda umat muslim jangan dilakukan. Bersyukurlah kepada sang pencipta.
  4. Berkonsultasilah kepada dokter ahli kecantikan
2.         Tips mencegah jerawat agar tidak muncul lagi:

  1. Rawatlah kulit wajah anda setelah beraktivitas diluar maupun di dalam ruangan
  2. Konsumsilah buah-buahan segar yang kaya akan vitamin a, c, dan b sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.
  3. Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari
  4. Kurangi atau hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan protein tinggi.
Demikian informasi dari tips bagaimana cara mengobati dan mencegah jerawat timbul lagi.
Terima kasih kepada para pengunjung yang sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda.

Ayo Indonesia Sehat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar