Minggu, 08 Mei 2016

Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh

     Selamat datang bagi para pengunjung di blog ini. Saya akan memberikan informasi manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh beserta cara mengkonsumsinya.

      Timun merupakan tumbuhan merambat di atas permukaan tanah. Timun adalah tumbuhan dari keluarga cucurbitaceae, tumbuhan ini terdiri-dari kurang lebih 90 marga dengan 700 jenis, serta cocok ditanam pada daerah tropis dan subtropis. Tumbuhan timun diperkirakan berasal dari pegunungan Himalaya di India Utara. Tumbuhan ini banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia baik ditanaman pada perkarangan sekitar rumah, kebun, dan rumah kaca.

      Pertumbuhan timun sangat memerlukan kelembaban udara tinggi namun tidak tahan dengan cuaca hujan yang terus-menerus, tanah subur gembur, memerlukan sinar matahari penuh dengan draenase air yang baik. Harga mentimun di tahun 2016 sekitar Rp. 4500 /kg untuk daerah Jawa dan sekitarnya.

     Baiklah, sekian sedikit deskripsi tentang tanaman timun. Sekarang saya akan memberikan informasi manfaat timun untuk kesehatan tubuh kita. Berikut penjelasannya:

A. Manfaat timun:

1. Mentimun mengandung Glutation

Glutation merupakan bahan kimia yang terkandung dalam timun berfungsi untuk menangkal senyawa oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Cara menkunsumsinya, makanlah timun segar 1 buah sehari 3 kali.

2. Bermanfaat untuk produk kecantikan

Merawat kulit wajah, mencegah timbulnya jerawat, mengatasi rambut berminyak, dan meredakan pembengkakan kelopak mata. Hal ini dekarenakan timun mengandung banyak vitamin c.

3. Biji mentimun mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menghambat proses penuaan dan mencegah keriputan dini pada kulit.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi 
                            
Jus timun mengandung potasium (152 mg percangkir jus timun) yang  bermanfaat mengurangi tekanan darah tinggi pada manusia.

5. Mencegah dehidrasi. 

Timun mengandung 95% air sehingga apabila mengkonsumsi timun, tubuh tidak akan menglami kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Selain itu, juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan di dalam pencernaan.

6. Melancarkan pencernaan 

Timun sangat baik manfaatnya untuk melancarkan buang air besar. Bagi anda yang mengalami susah buang air besar segeralah mengkonsumsi timun karena banyak mengandung serat alami yang sangat berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh anda. Selain itu juga, timun memberikan efek dingin dalam perut sehingga dapat meringankan perut mules.

B. Efek Samping Mengkonsumsi Timun
                                              Timun memang banyak manfaatnya bagi tubuh manusia, akan tetapi harus diingat janganlah mengkonsumsi timun secara berlebihan. Apabila mengkonsumsi timun secara berlebihan akan menyebabkan terjadinya tekanan darah rendah, dan mengalami kebotakan karena kandungan bahan kimia pada mentimun. Konsomsilah timun sesuai kebutuhan.

    Demikian informasi tentang manfaat timun untuk kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Terima kasih kepada pengunjung yang telah membaca informasi ini.

AYO INDONESIA SEHAT






Tidak ada komentar:

Posting Komentar