Kamis, 12 Mei 2016

Manfaat Tanaman Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

     Tanaman pepaya (carica pepaya) merupakan jenis tanaman herba yang diklasifikasikan kedalam famili caricaceae yang berasal dari Amerika tengah, Hindia barat, Costarika, dan Meksiko. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis, dan mudah dalam membudidayakannnya. 

     Pepaya mudah ditemukan, karena tanaman ini banyak dibudidayakan disekitar halaman rumah. Tanaman pepaya yang dapat dimanfaatkan adalah daun dan bunga betinanya yang memiliki rasa pahit serta buahnya yang disukai banyak masyarakat Indonesia bahkan dunia karena rasanya yang manis. Tanaman pepaya banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandunagn Giji Buah Pepaya

     Buah pepaya dengan ukuran sedang memiliki kandungan gizi yang diantaranya adalah: 120 kalori, 30 gram karbohidrat (di dalamnya terdapat 5 gram serat dan 18 gram gula), dan 2 gram protein. Buah pepaya merupakan sumber vitamin c yang baik serta memberikan 224% dari kebutuhan harian.

Berikut informasi manfaat tanaman pepaya untuk kesehatan tubuh manusia:


1. Melancarkan Pencernaan

     Bagi anda yang mengalami susah buang air besar (BAB) dengan mengkonsumsi buah pepaya sesuai dengan kebutuhan maka itulah solusinya. Buah pepaya memiliki enzim pencernaan yaitu papain yang terkandung dalam daging buah pepaya yang berguna dalam membantu pencernaan dalam tubuh. Selain itu pepaya juga mengandung banyak serat dan air. Kedua nutrisi tersebut sangat baik dalam pencegahan sembelit di dalam sistem pencernaan sehingga memperlancar saluran pencernaan.

2. Dapat menurunkan berat badan

     Enzim pada pepaya memberikan efek pada pengurangan protein, karbohidrat, dan lemak dalam tubuh. Sistem metabolisme tubuh menjadi lebih optimal dan juga dapat membakar lemak untuk menjadi energi berlangsung dengan baik.

3. Anti radikal bebas

     Jika radikal bebas muncul dalam tubuh, maka kulit akan menanggung seluruh gangguan kesehatan tubuh, sehingga kulit akan terlihat keriput diusia muda. Tentu kita tidak mau diusia muda terlihat tua karena mengalami keriputan dini pada kulit dan tidak lagi menarik untuk dipandang lawan jenis. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah mengkonsumsi buah pepaya sesuai dengan kebutuhan tubuh kita karena pepaya memiliki antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

4. Obat malaria

    Ambillah daun pepaya secukupnya. Cuci bersih daun pepaya dan tumbuk hingga 1/2 gelas. Tuangkan air panas atau hangat hingga mencapai 3/4 gelas dan ditambahkan garam secukupnya. Kemudian peraslah daun pepaya dan saringlah airnya, minum ramuan tersebut 3 kali sehari. Pengobatan ini dapat anda lakukan secara berkala setiap hari dengan teratur.

5. Obat sakit gigi

    Ambillah daun pepaya muda, teteskan getahnya pada kapas. Kemudian letakan kapas yang diberi getah daun pepaya muda pada gigi yang terasa sakit.

6. Memperbaiki siklus menstruasi pada wanita

    Wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur, direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah pepaya untuk membuat siklus menstruasi tersebut menjadi teratur. Selain itu, nutrisi dan enzim penting lainnya yang terkandung dalam buah pepaya juga mampu menurunkan resiko terkena kanker servik.

7. Merawat rambut agar tidak rontok

    Bagi wanita yang lebih mementingkan kesehatan rambutnya, anda dapat menggunakan shampo yang berbahan dasar buah pepaya. Shampo berbahan dasar buah pepaya sudah banyak beredar di toko dan supermarket terdekat.

    Demikian informasi singkat tentang manfaat tanaman pepaya untuk kesehatan tubuh. Perlu diingat, materi ini jangan digunakan sebagai acuan utama karena materi ini hanya memberikan informasi tambahan sebagaimana mestinya sesuai dengan informasi yang beredar dimasyarakat khususnya Indonesia. Tetap memerlukan penanganan medis oleh dokter ahli dibidangnya.

    Terima kasih kepada pengunjung yang membaca informasi ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan semoga tetap diberi kesehatan kepada Sangpencipta.

Jika informasi ini sangat bermanfaat bagi anda, tolong bantu share


Tidak ada komentar:

Posting Komentar