Senin, 16 Mei 2016

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh manusia

A. Pengertian Tumbuhan Lidah Buaya


     Lidah buaya dengan nama latin (Aloe barbdensis miller) adalah sejenis tumbuhan yang dikenal sejak ribuan tahun yang digunakan sebagai penyubur rambut, perawatan kulit, dan penyembuh luka. Tumbuhan ini banyak dijumpai pada kawasan kering di Afrika.

     Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, lidah buaya dapat dijadikan produk farmasi, kosmetik, dan bahan makanan serat minuman sehat. Lidah buaya sangat bernanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

B. Berikut informasi manfaat lidah buaya untuk tubuh manusia:


1. Memaksimalkan kinerja sistem pencernaan


    Sitem pencernaan yang sehat akan memaksimalkan dalam penyerapan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita dari sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jus lidah buaya juga dapat membantu meningkatkan dalam penyerapan proteein dan meningkatkan keteraturan fungsi usus. Lidah buaya juga dapat mengurangi jumlah bakteri jahat dalam usus dan dapat meredakan rasa mual di perut.

2. Menangkal radikal bebas


      Tumbuhan lidah buaya mengandung antioksidan yang mampu menangkal senyawa radikal bebas. Radikal bebas adalah suatu senyawa yang tidak setabil dan merupakan efek samping dari metabolisme tubuh yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan tubuh. Meminum jus lidah buaya secara teratur dapat meningkatkan antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit di dalam tubuh kita.

3. Menurunkan berat badan


    Jus lidah buaya dapat menetralisir dan menyempurnakan kinerja sistem pencernaan yang mengalami penyimpangan yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Sistem pencernaan yang sehat dapat melancarkan proses buang air besar sehingga tidak ada penumpukan sisa makanan dalam perut yang membuat penumpukan lemak semakin meningkat.

4. Perawatan wajah


      Lidah buaya dapat dijadikan masker alami, karena lidah buaya banyak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah seperti vitamin (A, B1, B2, B6, B12, C, dan E), selain itu banyak mengandung nutrisi lainnya seperti niasin, magnesium, seng, mangan, potasium, tembaga, asam folat kromium, dan kalsium yang dapat menyehatkan kulit wajah serta dapat menyembuhkan jerawat.


5. Menyehatkan rambut


     Enzim proteolitik yang terkandung dalam lidah buaya dapat membersihkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit di kepala yang dapat menyebabkan ketombe. Sel-sel kulit mati yang masih melekat di permukaan kulit kepala akan menyebabkan penyumbatan folikel rambut, menghambat pertumbuhan rambut, dan menghambat penyerapan nutrisi oleh rambut.

     Sifat alkalizing lidah buaya dapat mengatur pH pada rambut dan kulit kepala ketingkat yang lebih baik, sehingga proses perkembangan dan pertumbuhan rambut dapat maksimal. Selain itu juga dapat menjaga kelembaban rambut agar tidak kering. Sehingga dari penjelasan pada nomor lima, lidah buaya bermanfaat juga untuk:

 a. Mengurangi ketombe
 b. Mencegah rambut rontok
 c. Sebagai coditioning

    Demikian informasi singkat tentang manfaat tumbuhan lidah buaya untuk kesehatan tubuh. Perlu diingat, materi ini jangan digunakan sebagai acuan utama karena materi ini hanya memberikan informasi tambahan sebagaimana mestinya sesuai dengan informasi yang beredar dimasyarakat khususnya Indonesia. Tetap memerlukan penanganan medis oleh dokter ahli dibidangnya.

    Terima kasih kepada pengunjung yang membaca informasi ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan semoga tetap diberi kesehatan kepada Sangpencipta.

Jika informasi ini sangat bermanfaat bagi anda, tolong bantu share




Tidak ada komentar:

Posting Komentar