Jumat, 13 Mei 2016

5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan Tubuh

Deskripsi Buah Belimbing


     Buah belimbing bewarna kuning kehijauan rasanya manis sedikit asam, mengandung banyak air yang membuat rasa segar saat memakannya. Jika buah belimbing dipotong penampang melintang akan berbentuk bintang. Buah belimbing mudah ditemukan dipasar tradisional dan banyak ditanam pada perkarangan rumah sebagai peneduh. Buah belimbing banyak mengandung vitamin c sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.


Berikut beberapa manfaat buah belimbing untuk tubuh kita:


1. Cocok dikonsumsi dalam program diet


     Buah belimbing mengandung banyak serat alami yang dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL dari makanan dalam usus. Serat dapat melindungi selaput lendir pada usus besar dari kontaminasi zat beracun dengan jalan mengikat bahan kimia penyebab kanker usus. Sehingga buah belimbing sangat cocok untuk program diet.


2. Mengurangi tekanan darah tinggi


     Buah belimbing mengandung banyak mineral dan elektrolit seperti kalium, seng, fosfor, dan besi. Kalium yang terkandung dalam buah belimbing merupakan komponen penting terhadap sel dan cairan tubuh, yang membentu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Oleh sebab itu, akan meminimalisir pengaruh buruk sodium dalam tubuh manusia. Pengobatan dengan terapi belimbing untuk penyembuhan tekanan darah tinggi, sudah banyak dilakukan yaitu dengan cara mengkonsumsi buah belimbing sesuai kebutuhan secara rutin.

3. Antioksidan


    Buah belimbing mengandung banyak antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Flavonoid memiliki beberapa jenis kandungan senyawa kimia yang diantaranya: asam galat, quercetin, dan epicatechin. Jumlah kandungan polifenol dalam buah belimbing sekitar 43 mg/100 gram. Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu melindungi kerusakan kekebalan tubuh dari radikal bebas.

4. Bermanfaat untuk kecantikan wanita


    Buah belimbing mengandung banyak vitamin C (bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada rambut, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok), vitamin B kompleks (bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan membantu agar rambut kuat dan sehat), dan seng (bermanfaat untuk masker sebagai pencegahan    jerawat pada wajah dan mengurangi kandungan minyak berlebih pada wajah).

5. Melancarkan Bab


     Kandungan serat alami pada buah belimbing mampu membantu kinerja oragan pencernaan lebih maksimal serta mencegah sembelit atau mengatasi gangguan kesehatan pencernaan yang menyebabkan susah bab.


      Demikian informasi singkat tentang manfaat tanaman belimbing untuk kesehatan tubuh. Perlu diingat, materi ini jangan digunakan sebagai acuan utama karena materi ini hanya memberikan informasi tambahan sebagaimana mestinya sesuai dengan informasi yang beredar dimasyarakat khususnya Indonesia. Tetap memerlukan penanganan medis oleh dokter ahli dibidangnya.

    Terima kasih kepada pengunjung yang membaca informasi ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan semoga tetap diberi kesehatan kepada Sangpencipta.

Jika informasi ini sangat bermanfaat bagi anda, tolong bantu share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar