Rabu, 11 Mei 2016

Manfaat tanaman ciplukan untuk kesehatan tubuh

    Tanaman ciplukan dengan naman latin (Physalis angulata L.) adalah tanaman tergolong semak rendah yang mempunyai umur sekitar 1 tahun. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sekitar 1600 dpl. Banyak masyarakat menganggap bahwa tanaman ciplukan ini adalah tanaman liar atau dianggap sebagai gulma yang mengganggu keindahan lingkungan dan mengganggu tanaman petani. Tanaman ciplukan mudah ditemukan di daerah seperti sawah kering dan kebun.

   Sangat disayangkan tanaman ciplukan ini dianggap tanaman pengganggu oleh kebanyakan masyarakat sehingga tanaman ini dimusnahkan begitu saja. Sebenarnya dibalik itu semua ada segudang manfaat pada tanaman ciplukan bagi kesehatan tubuh.

     Beberapa penelitian yang pernah dilakukan mengungkapkan bahwa tanaman ciplukan memiliki beberapa kandungan zat kimia yang berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan zat kimia dalam tanaman ciplukan yang berkhasiat dan bermanfaat diantaranya adalah: saponin (bagian tunas), (polifenol, tannin, fisalin, withangulation A, kriptoxantin, vitamin c dan gula (bagian buah), flavonoid (daun dan tunas), asam palmitat, stearat, dan elaidic acid (biji), alkaloid (akar), dan chlorogenik acid, C27H44O-H2o (batang dan daun).

Berikut adalah manfaat tanaman ciplukan untuk kesehatan tubuh:

1. Meredakan influenza

    Cara untuk mengkonsumsinya. 9-15 gram daun tanaman ciplukan direbus mendidih. Tunggu air ekstrak ciplukan dingin saring, kemudian minum 2-3 kali sehari satu gelas.

2. Meredakan sakit tenggorokan

    9-15 gram daun tanaman ciplukan direbus hingga mendidih. Tunggu dingin, saring dan diminum 2-3  kali sehari satu gelas.

3. Mengobati kencing manis

    9-15 gram daun tanaman ciplukan direbus dengan air 3-5 gelas hingga mendidih sisakan air hingga 1 gelas, tunggu dingin, disaring dan kemudian diminum. Lakukan cara tersebut sehari 2-3 kali.

4. Mengobati panyakit paru-paru

    Rebuslah hingga mendidih seluruh bagian tanaman ciplukan dengan 3-5 gelas air, sisakan air rebusan ramuan, saringlah dan didinginkan, kemudian minum ramuan tersebut 2-3 kali sehari.

5. Mengobati batuk rejen

   9-15 gram daun tanaman ciplukan direbus hingga mendidih, saring dan dinginkan air ekstrak rebusan daun ciplukan kemudian diminum sehari 2-3 kali.

Terima kasih kepada para pengunjung telah membaca informasi tentang manfaat tanaman ciplukan untuk kesehatan tubuh manusia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar